cover
Contact Name
Mohammad Syahidul Haq
Contact Email
mohammadhaq@unesa.ac.id
Phone
+6285649799995
Journal Mail Official
dinamikamp@unesa.ac.id
Editorial Address
Jl. Fip Unesa Lidah Wetan
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP)
ISSN : -     EISSN : 25407880     DOI : 10.2674/jdmp.v4n1.p1-10
Core Subject : Education,
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP) publishes articles of theoretical or practical interest to those engaged in Educational Management and Educational Organization.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2019): Volume 3, Nomor 2, April 2019" : 10 Documents clear
Implementasi Manajemen Strategik di Sekolah Unggulan SMP Negeri 3 Tuban Muhammad Amin Amrullah
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) Vol. 3 No. 2 (2019): Volume 3, Nomor 2, April 2019
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdmp.v3n2.p101-113

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi manajemen strategik di SMP Negeri 3 Tuban.  Fokus penelitian (1) Bagaimanakah perencanaan manajemen strategik di SMP Negeri 3 Tuban yang mencakup; analisis internal, analisis eksternal, penyusunan visi, misi dan tujuan. (2) Bagaimanakah perencanaan operasional di SMP Negeri 3 Tuban yang meliputi; sasaran, kurikulum, sarana, siswa,  tenaga pendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini dengan studi kasus yang bertujuan untuk mengevaluasi manajemen strategik di SMP Negeri 3 Tuban. Rancangan penelitian dilakukan dengan memotret fokus-fokus, mengevaluasi fokus yang ditemukan membandingkan dengan standar atau teori terkait, memberikan solusi dan diringkas dalam bentuk matrik dan gambar. Pengumpulan data mengunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan kegiatan, yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengabsahan data menggunakan uji credibility (derjat kepercayaan) dependibility (kebergantungan), confirmability (kepastian). Hasil penelitian adalah: (1) perencanaan manajemen strategik di SMP Negeri 3 Tuban telah dilaksanakan dengan cukup baik yang mencakup: analisis internal di telah dilakukan dengan baik, analisis eksternal yang dilakukan kurang tepat, Penyusunan visi, misi dan tujuan telah dilaksnakan dengan baik. (2) Perencanaan operasional   di SMP Negeri 3 Tuban telah dilaksanakan dengan baik, yang mencakup: sasaran telah dirumuskan dengan baik, kurikulum telah dipersipakan dengan baik, sarana telah dipersiapkan dengan baik, siswa telah diseleksi dengan baik, pendidik di telah di seleksi dengan baik, Pelaksanaan kegiatan pembelajaran telah dilakukan dengan baik.
Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Sekolah Efektif di Sekolah Dasar MOHAMMAD ALI RIDHO
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) Vol. 3 No. 2 (2019): Volume 3, Nomor 2, April 2019
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdmp.v3n2.p114-129

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah memegang peranan penting dalam mengembangkan budaya sekolah efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya dan peran kepemimpianan kepala sekolah dalam upaya mengembangkan budaya sekolah efektif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus yang dilakukan di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) kesimpulan. Uji keabsahan data diuji melalui: (1) credibility; (2) transferability; (3) dependability; (4) confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kepala sekolah tidak hanya menerapkan salah satu gaya kepemimpinan tertentu, tetapi sesuai kondisi yang dihadapi. (2) Peran kepala sekolah dalam mengembangkan budaya sekolah efektif adalah sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator. (2) Upaya kepala sekolah dalam mengembangkan budaya sekolah efektif adalah: (a) Mengembangkan hubungan harmonis diantara semua komponen sekolah, (b) Mengembangkan keamanan sekolah, (c) Mengembangkan lingkungan sekolah yang kondusif untuk belajar. 
Pengaruh Kesiapan Guru Terhadap Pemanfaatan E-Learning Riut Iptian
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) Vol. 3 No. 2 (2019): Volume 3, Nomor 2, April 2019
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdmp.v3n2.p72-77

Abstract

Pembelajaran berbasis sistem e-learning merupakan bentuk solusi yang dibutuhkan di era globalisasi dalam dunia pendidikan saat ini. Untuk itu, penting bagi guru untuk memiliki kesiapan dalam pemanfaatan e-learning. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kesiapan guru terhadap pemanfaatan e-learning. Metode yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dengan responden guru ekonomi SMA se Kabupaten Bantul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh postif signifikan antara kemampuan TI terhadap pemanfaatan e-learning. (2) Terdapat pengaruh positif signifikan antara persepsi kemudahan terhadap pemanfaatan e-learning. (3) Terdapat pengaruh positif signifikan antara persepsi kemanfaatan terhadap pemanfataan e-learning. (4) Terdapat pengaruh positif signifikan antara kemampuan TI, persepsi kemudahan, dan persepsi kesiapan guru secara simultan terhadap pemanfaatan e-learning. Dapat disimpulkan bahwa kesiapan guru merupakan salah satu faktor yang dapat mempengarui keberhasilan pemanfaatan e-learning. Untuk itu, guru perlu meningkatkan kemampuannya dalam hal penguasaan teknologi informasi agar pendidikan berbasis digital dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dengan baik.
Manajemen Kurikulum Berbasis Industri Kreatif Pada Kompetensi Keahlian Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan SMKN 12 Surabaya Sari Vaporizki
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) Vol. 3 No. 2 (2019): Volume 3, Nomor 2, April 2019
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdmp.v3n2.p62-71

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pengangguran yang masih didominasi oleh lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK, pemerintah melakukan revitalisasi pada komponen-komponen yang ada salah satunya kurikulum berbasis industri kreatif yakni kurikulum yang diselaraskan dengan kebutuhan industri. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan menelaah serta menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan kurikulum berbasis industri kreatif dilakukan melalui rapat koordinasi dengan melibatkan pihak industri melalui kegiatan link and match dan rapat sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada semua pihak; 2) Pelaksanaan kurikulum berbasis industri kreatif melalui pembelajaran yang berbasis kreativitas yang dilaksanakan dikelas (bengkel) dan juga diluar kelas (Prakerin). Untuk mewujudkan pelaksanaan pembelajaran yang kreatif ini maka dibutuhkan kesiapan guru dalam mengajar dengan peningkatan kompetensi guru melalui magang guru, expert dengan perusahaan serta guru melakukan percobaan terlebih dahulu sebelum menyampaikan bahan ajar kepada peserta didik. 3) Evaluasi kurikulum berbasis industri kreatif ini disetiap pembelajaran terdapat assesment dari guru terkait ketercapaian peserta didik, evaluasi di semester 1 dan 2 melalui ujian-ujian baik berupa tes lisan, tes tertulis maupun unjuk kerja dan evaluasi yang melibatkan pihak eksternal yakni industri terkait melalui Ujian Kompetensi Keahlian (UKK). 
Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah Melalui Pemenuhan Ruang Kelas Yang Memadai B. Zuroidatul Mahmudiyah
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) Vol. 3 No. 2 (2019): Volume 3, Nomor 2, April 2019
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdmp.v3n2.p78-81

Abstract

The purpose of this study is to find problems in improving the quality of schools and find strategies that can be done by Principals to improve the quality of schools by fulfilling adequate classrooms. The method used in this study is qualitative. Data collection by observation, interviews, and documentation. Qualitative descriptive data analysis. The results of his research, namely (1) problems in improving school quality, namely the lack of adequate classrooms and (2) strategies that can be carried out by school principals to improve school quality by fulfilling adequate classrooms include: (a) inviting parents students to come to school aim to socialize (explain the problems that exist in the school about the lack of classrooms and the need to fulfill adequate classrooms and plans for the construction of adequate classrooms) and (2) establish partnerships with industry or private companies.
Benchmarking Dalam Lembaga Pendidikan Suluri Suluri
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) Vol. 3 No. 2 (2019): Volume 3, Nomor 2, April 2019
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdmp.v3n2.p82-88

Abstract

Every country strives for quality education in its country. This business is not without an intention, but rather to prepare qualified national cadres. The successor of a quality nation is very necessary to maintain the dignity and dignity of a country. Therefore, national standard education quality assurance is a necessity of a country. educational institutions that provide educational services in their travels are very likely to be graduates (graduates) not in accordance with the minimum standards that have been formulated. So quality assurance is a necessity to provide satisfaction to customers. One of the quality assurance efforts in educational institutions is by benchmarking.
The Effect Of Principal's Transformational Leadership and Ethical Behavior On Teacher's Performance at Lab School Senior High School DKI Jakarta Yoserizal Yoserizal
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) Vol. 3 No. 2 (2019): Volume 3, Nomor 2, April 2019
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdmp.v3n2.p89-95

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari informasi tentang pengaruh kepemimpinan transformasional dan etika perilaku terhadap kinerja guru di SMA Lab School DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan metode analisis jalur. Proses pengumpulan data di SMA Lab School DKI Jakarta dalam hal ini guru dilakukan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian dalam penelitian yang dipilih sebagai unit analisis dengan sampel sebanyak 87 orang yang ditentukan dengan teknik random sampling. Hasil penelitian: Pertama, ada pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap prestasi kerja; Kedua, ada pengaruh etika perilaku terhadap kinerja; ketiga, ada pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap etika perilaku.
Pendidikan Dan Pelatihan Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Pegawai Perpustakaan Zsa Zsa Nur Azizah
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) Vol. 3 No. 2 (2019): Volume 3, Nomor 2, April 2019
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jdmp.v3n2.p96-100

Abstract

The purpose of this discussion is to solve problems at school. The problem in the school is the weak performance of library employees. This study uses a theory review from several reading sources. The technique of collecting data uses documentation that fits the theme of the article and interviews of the parties concerned. Based on the results of the study of theory and case studies found problems that arise in schools and there are impacts from these problems
Front Matter (Cover, Editorial Board, Table of Content) Ainur Rifqi
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) Vol. 3 No. 2 (2019): Volume 3, Nomor 2, April 2019
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Back Matter (Biography, Author Guideline) Ainur Rifqi
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) Vol. 3 No. 2 (2019): Volume 3, Nomor 2, April 2019
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 10